Mengenal Pengertian dan Tips Carbon Brush saat Membelinya

tips carbon brush

Mengenal Pengertian dan Tips Brush saat Membelinya


Carbon Brush merupakan suku cadang yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari bagian motor yang diam atau statis (stator) ke bagian motor yang bergerak ( rotor / armature).

Sekarang ini tersedia bermacam-macam jenis carbon brush untuk keperluan industri umum, cleaner, peralatan listrik, motor pada mesin, power supply, micromotor, hingga peralatan rumah tangga.

Sebuah Carbon Brush biasanya disambung dengan sebuah kabel atau konektor lainnya untuk memastikan carbon brush tetap menempel dan menyentuh permukaan bagian yang berputar tanpa terjadi putusnya listrik sehingga peralatan dapat terus bekerja. Sumber listrik disini dialirkan melalui sebuah kabel listrik / tembaga yang dihubungkan ke inti dari carbon brush. Untuk mengetahui lebih banyak seputar carbon brush, yuk simak artikel berikut ini!

Apa Itu Carbon Brush?

Carbon brush adalah salah satu komponen kunci paling penting dalam motor starter atau generator. Carbon brush terbuat dari bahan dasar yang terdiri dari bahan campuran tembaga lunak dan karbon. Campuran ini terdiri dari serbuk karbon dengan komposisi tertentu yang ditekan dengan tekanan tinggi untuk membentuknya, kemudian diproses dengan suhu tinggi sekitar 1200 derajat Celcius.

Fungsi utama dari carbon brush adalah mengalirkan arus listrik dari Field Coil ke Armature (komponen generator yang berputar) lewat komutator, dan kemudian kembali mengalirkan arus tersebut ke ground.

Biasanya, carbon brush dalam generator dipasang di sekitar komutator, dan biasanya terdapat lebih dari satu carbon brush. Secara umum, setiap generator memiliki empat carbon brush yang ditempatkan dalam komponen yang disebut sebagai penyangga carbon brush holder. Dua carbon brush digunakan sebagai positif dan dua lainnya digunakan sebagai negatif.

Setiap ujung carbon brush yang terpasang harus selalu tersambung dalam kontak yang erat dengan komutator, walaupun segmen pada komutator berputar bersama armature coil.

Oleh karena itu, pada setiap carbon brush dilengkapi dengan per yang berfungsi untuk menjepit carbon brush secara erat pada segmen komutator, sehingga menjaga aliran listrik antara keduanya tetap lancar tanpa gangguan.

Baca Juga: Catat 7 Hal Penting Ketika Anda Memilih Mata Gerinda Potong

Apa Saja Penyebab Carbon Brush Cepat Habis?

Carbon Brush mampu menyalurkan listrik tanpa menyebabkan kerusakan pada penghantar itu sendiri. Hal ini dikarenakan sifat bahan carbon yang tidak mudah mencair terhadap percikan api yang terjadi akibat perputaran permukaan listrik yang bersentuhan. Namun, Carbon Brush tetap memerlukan pergantian akibat aus / habis, karena gesekan terus menerus dapat menyebabkan hal tersebut terjadi. Berikut adalah beberapa penyebab carbon brush cepat habis.

  1. Kualitas bahan yang kurang baik sehingga cepat panas dan mudah terbakar akibat pergesekan ekstrim.
  2. Pemakaian mesin yang terlalu lama dan dipaksa serta cara pakai yang salah.
  3. Menggunakan bearing yang sudah rusak, sehingga putaran armature tidak stabil dan mengakibatkan proses pembakaran tidak normal sehingga mengakibatkan carbon brush habis tidak merata.

Untuk menjaga kinerja peralatan powertools tetap optimal, carbon brush juga perlu diganti secara berkala. Ketika carbon brush masih memiliki 60% dari ukuran aslinya, maka ada baiknya Anda segera menggantinya agar mesin tetap berkinerja dengan baik. Penting untuk diingat bahwa peran carbon brush ini cukup penting dalam fungsi powertools.

Baca Juga: Cara Mudah Menjaga Mesin Las Agar Kondisi Tetap Prima

Fungsi Carbon Brush pada Generator

Fungsi carbon brush pada generator memiliki signifikansi yang besar, dimana fungsinya adalah untuk mengalirkan aliran listrik dari bagian motor statis (stator) ke bagian motor yang bergerak (armature).

Meskipun beberapa peralatan kini menghindari penggunaan carbon brush, namun alternatif tersebut umumnya memiliki harga yang tinggi dan ketersediaan yang terbatas. Carbon brush sendiri terbuat dari campuran tembaga lunak dan karbon. Pembentukan campuran ini memerlukan tekanan tinggi pada tahap awal, diikuti dengan proses pengolahan pada suhu kurang lebih 1200 derajat Celsius.

Penggunaan carbon brush sangat umum karena kemampuannya dalam menghantarkan listrik dengan sangat baik tanpa merusak penghantar. Keunggulannya tersebut berasal dari sifat karbon yang tidak gampang cair, sekalipun ketika terpapar percikan api dari permukaan listrik yang berputar dan bersentuhan.

Tips Carbon Brush: Tips Membelinya

Carbon brush dirancang sesuai dengan kebutuhan armature pada alat-alat power tools. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membeli carbon brush dengan merek yang sesuai agar kinerja mesin tetap optimal. Menggunakan carbon brush yang terlalu keras atau terlalu lunak juga dapat mengakibatkan ketidakstabilan kinerja mesin.

Baca Juga: 7 Tips Perawatan Mesin Scrubber Drier Agar Tetap Awet

Carbon brush dirancang berdasarkan kekerasan dan komposisinya untuk tujuan yang berbeda-beda. Fungsi carbon brush pada motor listrik dan generator sifatnya hanya terbalik, namun memiliki prinsip kerja dan fungsi yang sama.

Dengan begitu, disarankan menggunakan carbon brush sesuai dengan merk mesinnya, karena mereka telah mendesain carbon brush tersebut dengan komposisi yang sesuai dengan mesin. Apabila carbon brush terlalu keras maka dapat merusak armature dan apabila carbon brush yang dibuat kualitasnya dibawah standard maka akan cepat terbakar / patah dan dapat mengakibatkan patahan terselip pada putaran motor dan membakar motor.

Demikian penjelasan seputar carbon brush mulai dari pengertian, fungsi, cara merawat, hingga tips membelinya. Untuk mendapatkan produk carbon brush berkualitas, Anda bisa mengunjungi Kawanlama.com, temukan juga produk seputar komponen powertools lainnya hanya di Kawan Lama Solution!

Sumber:

  • https://sumberanekateknik.com/fungsi-carbon-brush/

Circle image

PT. Kawan Lama Solusi

PT. Kawan Lama Solusi adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Solusi berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.