Optimalkan Food Safety Melalui Perawatan Cleaning Tools yang Berkualitas

perawatan cleaning tools

Optimalkan Food Safety Melalui Perawatan Cleaning Tools yang Berkualitas


Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini beberapa lini seperti restoran, bar, kafe, katering, dan penyedia layanan makanan termasuk industri yang terkena imbasnya. Banyak dari mereka yang menutup operasinya dan bahkan ada pula yang akhirnya gulung tikar. Untuk restoran, kafe dan bar yang akan membuka usaha mereka kembali setelah menutup operasinya, tentu ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, terutama soal food safety dan pengendalian Covid-19 di tempat usaha mereka.

Tahukah Anda bahwa alat pembersih adalah sumber vektor kontaminasi. Menurut data dari Campden BRI, setelah melakukan pengambilan sampel mikrobiologis dari pengolahan makanan, menunjukkan bahwa 47% alat pembersih dari sample tersebut mengandung bakteri Listeria Monocytogenes (L. Mono).

Sementara, penelitian tahun 2017ditemukan bahwa 67% peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam pabrik pengolahan terkontaminasi L Mono, bahkan setelah dibersihkan sekalipun. Maka, pentingnya perawatan alat pembersihan perlu dilakukan agar tidak terdapat bakteri yang bersarang.


Untuk meminimalkan risiko, maka alat pembersih yang menjadi sumber dan kontaminasi silang harus dibersihkan, didisinfeksi dan dipelihara dengan tepat. Untuk itulah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya:

  • Metode/ protokol pembersihan dan desinfeksi harus dikembangkan dan divaliadasi berdasarkan penilaian risiko.
  • Pembersihan dan disinfeksi alat pembersih harus dilakukan secara rutin dan terjadwal berdasarkan penilaian risiko.
  • Dokumentasi dan catatan tindakan harus disimpan, sehingga dapat digunakan secara internal untuk mendukung audit ketika diperlukan.
Baca Juga: 7 Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner Agar Awet


Apa Saja yang Termasuk Cleaning Equipment?

Merawat kebersihan di dalam sebuah restoran tentu memerlukan peralatan kebersihan sebagai perlengkapan untuk para pekerja cleaning service. Berikut adalah sejumlah peralatan cleaning service yang biasa digunakan:


1. Carry Caddy

Peralatan pertama yang wajib dimiliki oleh pekerja cleaning service adalah carry caddy. Carry caddy adalah sebuah wadah atau kotak yang dipakai untuk menyimpan peralatan dan bahan pembersih berukuran kecil. Dengan adanya carry caddy, petugas kebersihan akan mendapatkan kemudahan dalam melaksanakan tugas mereka.


2. Glass Cloth

Salah satu perangkat dari beragam peralatan cleaning service adalah glass cloth. Glass cloth adalah sejenis kain yang digunakan untuk mengeringkan gelas dan perabotan lainnya yang ada dalam suatu ruangan.


3. Dry Cloth

Selain itu, terdapat juga Dry Cloth yang merupakan kain kering. Kain ini digunakan untuk mengelap dan membersihkan berbagai macam perabot yang terbuat dari porselen, keramik, dan material sejenisnya.


4. Sikat Tangan

Selanjutnya, terdapat sikat tangan yang berguna untuk menyikat dan membersihkan lantai serta dinding kamar mandi agar terhindar dari debu dan kotoran.


5. Sikat Toilet Bowl

Selain sikat tangan untuk membersihkan lantai atau dinding, para pekerja cleaning service juga akan dilengkapi dengan sikat toilet bowl. Sikat ini berfungsi untuk menyikat serta membersihkan bagian dalam toilet.


6. Pel Debu

Peralatan cleaning service berikutnya adalah sapu debu. Alat ini berupa kain pel kering yang dipakai untuk membersihkan debu yang ada pada lantai keramik, marmer, dan kayu.


7. Pel Basah

Selain sapu debu, ada juga sapu basah yang merupakan kain pel yang digunakan dalam keadaan basah untuk membersihkan lantai.


8. Botol Semprot

Pada saat membersihkan lantai, dinding, perabot, serta komponen lainnya tentu saja memerlukan cairan pembersih. Maka botol semprot inilah yang berperan sebagai wadah untuk menyimpan cairan tersebut. Semprotan dari botol ini akan memudahkan proses pengaplikasiannya pada perabot.


9. Spons

Spons merupakan cleaning equipment yang digunakan untuk mengelap dan membersihkan dapur, dinding kamar mandi, serta wastafel.


10. Alat Penyeka Kaca (Glass Squeegee)

Alat pembersihan berikutnya adalah alat penyeka kaca yang berfungsi untuk menghilangkan air dan juga untuk membersihkan permukaan kaca.


Baca Juga: Ciptakan Lingkungan Hotel Higienis Pasca Pandemi, Cek Golden Rules-nya!


Apa Pentingnya Perawatan Cleaning Tools?


Seperti yang kita ketahui bersama, pembersihan merupakan langkah penting dalam pengelolaan keamanan dan mutu pangan, sehingga pemeliharaan alat pembersih oleh industri F&B menjadi hal yang krusial. Hal ini dapat meminimalisir risiko mikroba, alergen, dan kontaminasi silang benda asing. Proses ini dapat memiliki banyak manfaat lainnya, antara lain:


  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses pembersihan, sehingga mengurangi downtime yang diperlukan untuk membersihkan
  • Meningkatkan keamanan pangan, kualitas dan umur simpan
  • Mengurangi limbah
  • Meminimalkan risiko penarikan produk
  • Melindungi/meningkatkan reputasi dan pendapatan bisnis makanan
  • Meminimalkan risiko penuntutan dan pengurangan biaya terkait.


Pentingnya perawatan cleaning tools yang baik diatur oleh Global Food Safety Initiative (GFSI) dan tercermin dalam persetujuan mereka terhadap skema keamanan pangan Global food safety. Termasuk British retail Consortium (BRC) dan Food Safety System Certification (FSSC) . Berikut syarat peralatan kebersihan manual yang digunakan dalam pengolahan makanan dan industri jasa, untuk membantu keamanan dan Global food safety serta mengoptimalkan efikasi pembersihan dan kontrol peralatan. Menurut skema Global food safety berikut ini syarat alat pembersihan yang ideal,yaitu:


  • Dirancang secara higienis sesuai dengan tujuan
  • Diidentifikasi dengan tepat untuk tujuan penggunaan, seperti misalnya warna diberi kode atau label.
  • Dibersihkan dan disimpan dengan cara yang higienis untuk mencegah kontaminasi
  • Peralatan yang digunakan untuk pembersihan di tempat yang berisiko tinggi dan area high-care harus memiliki visual yang khas dan didedikasikan untuk digunakan di area itu.


Baca Juga: Peralatan Operasional Kebersihan Berstandar Internasional untuk Bisnis F&B yang Berkualitas


Vikan sebagai solusi alat pembersih dengan Teknologi UST (Ultra Safe Technology) yaitu memiliki bulu sikat di-moulding satu per satu, dapat mengurangi risiko kontaminasi silang. Pola bulu sikat yang didesain oleh pakar Vikan memungkinkan para operator membersihkan lebih cepat dan efisien mengurangi biaya operasional. Selain itu, sertifikasi, dokumentasi, serta pengujian standard Eropa yang dimiliki Vikan sangat sesuai dengan kebijakan higienis di berbagai perusahaan food & beverage, farmasi, dan FMCG.

Vikan adalah pemimpin dalam Hygienic Cleaning Tools yang memberikan solusi melalui keamanannya. PT Kawan Lama Sejahtera menjadi distributor untuk memberikan solusi alat pembersih yang mengedepankan keamanan. Untuk lebih detailnya, Anda bisa mengunjungi web www.kawanlama.com sekarang juga!

Circle image

PT. Kawan Lama Solusi

PT. Kawan Lama Solusi adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Solusi berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.